Belajar Kreatif ~ Kreatif Belajar

Wednesday, May 31, 2017

Menghias Rumah dan Sekolah dengan Dekorasi Ramadhan

16 comments
Di tulisan sebelumnya, salah satu proyek yang bisa dilakukan bersama anak di bulan Ramadhan adalah membuat hiasan dinding atau dekorasi Ramadhan. Dekorasi ini berguna mempercantik ruangan, bisa saja ruangan kelas, ruang tamu di rumah, atau dinding kamar tidur.

Baca juga : 5 Proyek Kreatif Selama Ramadhan


Bahan-bahan yang dipergunakan dalam pembuatan dekorasi Ramadhan ini sangat mudah di dapat. Bahkan kita juga bisa menggunakan barang bekas. Contohnya hiasan dinding 'Ramadan Mubarak' di atas, bisa kita buat dari kardus bekas. Agar huruf-huruf memiliki ukuran yang sama, kita bisa memanfaatkan font yang dicetak dari komputer kemudian dijiplak di kertas kado yang berwarna senada dengan warna kardus.


Bagaimana Kegiatan ini Membangun Kecerdasan Jamak Anak?

Proyek kreatif membuat dekorasi Ramadhan ini sangat cocok dijadikan kegiatan pengisi libur Ramadhan di rumah bersama ananda tercinta. Daripada waktu terbuang sia-sia dengan tidur-tiduran saja atau hanya bermain game di gawai, mengerjakan proyek kreatif seperti ini memiliki banyak manfaat. Selain hasilnya memberikan kepuasan serta dapat mempercantik ruangan, kegiatan ini dapat membangun kecerdasan anak yang majemuk.


Yang pertama adalah Kecerdasan Kinestetik. Kegiatan menggunting kertas, huruf, kemudian melubangi kertas dan memasukkan tali atau benang membutuhkan koordinasi mata-tangan yang akurat. Melalui kegiatan ini kita bisa melihat tahapan menggunting anak. Sejauh mana kekuatannya dalam memegang gunting atau cutter sekaligus memperkuatnya yang tentu bermanfaat untuk hidupnya di masa mendatang.

Kegiatan ini juga membangun membangun kecerdasan lainnya. Kecerdasan Visual-Spasial misalnya. Orang tua atau guru dapat mengajak anak memasang dekorasi yang sudah di buat dengan memperhatikan ruangan hingga memilih dinding. Pada dasarnya kegiatan menghias adalah kegiatan yang membangun kecerdasan visual-spasial anak.


Untuk membangun Kecerdasan Bahasa anak, orang tua dan guru bisa mengajak anak membaca berbagai buku bacaan tentang berpuasa sebelum mulai membuat hiasan. Ajak juga anak menentukan sendiri kalimat tema yang akan dibuat menjadi hiasan. Di akhir kegiatan, anak dapat menceritakan kembali kegiatan proyeknya kepada orang tua atau mempresentasikan hasil kerjanya kepada ayah, teman, atau guru lainnya. Nah kegiatan mempresentasikan atau menceritakan kembali pengalaman kerja proyeknya ini juga dapat membangun Kecerdasan Intrapersonal anak.

Kecerdasan Logis-Matematik juga bisa dibangun melalui kegiatan ini bergantung tingkat usia anak. Anak-anak usia TK atau kelas rendah bisa diajak untuk menghitung jumlah huruf dalam setiap kata kemudian membandingkan jumlahnya juga menjumlahkannya. Sedangkan anak-anak usia SD kelas tinggi bisa diajak mengukur hingga memprediksi jumlah kebutuhan bahan yang dibutuhkan (berapa banyak kertas, seberapa banyak lem). 

Saat mengerjakan proyek, hikmah berpuasa dan alasan berpuasa bisa kita ceritakan kepada anak. Sehingga harapannya anak memahami Puasa sebagai kewajiban langsung dari Tuhan untuk mereka yang beriman. Kesadaran tentang Tuhan ini juga mengarah pada terbangunnya Kecerdasan Spiritual.

Ternyata, 1 kegiatan bisa membangun banyak kecerdasan. Menurut Howard Gardner, pakar Multiple intelligent kecerdasan yang dibangun seimbang akan membantu anak hidup lebih sukses di masa mendatang.

Selamat mencoba....
Selamat menjadi orang tua/guru bermutu 😊😉




16 comments :

  1. Wow subnaallah sukak banget ama desain dekornya yang simple, cantik n menawan👍

    ReplyDelete
  2. Bisa dipakai neh idenya, hehehe. Makasih ya

    ReplyDelete
  3. Umur berapa udah bisa diajak bikin kerajinan begini bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zam-zam udah bisa. Tapi masih banyak dukungan yang kita berikan

      Delete
  4. wah....adem banget ngeliatnya
    kayak di mall....warna warni ramadhan jg semarak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dicoba di rumah, pasti makin semarak rumahnya Mba

      Delete
  5. makasih sharingnya Mas, bisa buat bahan kreasi sama anak neh.

    ReplyDelete
  6. kreasinya cakep-cakep
    Buat dekor rumah dan ulang tahun juga bisa nih
    Makasi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul Mba Arni. Ini tidak terbatas di Ramadhan.
      Kreasi begini bisa dilakukan di hari-hari lain

      Delete
  7. ANa-anak biasanya emang suka kegiatan menggunting dan menempel ya mas, apalagi kalau warna-warni gtu bahannya :D
    Mengajari mereka jd kreatif jg aktivitas seperti itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul.
      Pada dasarnya anak-anak senang bekerja (baca ; berkreasi).

      Delete