Belajar Kreatif ~ Kreatif Belajar

Saturday, May 27, 2017

5 Proyek Kreatif Selama Ramadhan

12 comments
Bulan Ramadhan, seluruh umat muslim di dunia menunaikan ibadah puasa. Menahan diri dari lapar dan haus serta hawa nafsu bukan hal mudah. Apalagi untuk anak-anak di sekolah maupun di rumah. Sehingga kadang-kadang banyak sekolah yang meliburkan siswanya selama bulan Ramadhan. Aktivitas anak di rumah pun tidak jauh-jauh dari gawai.

Padahal di zamannya dulu, Rasulullah Saw malah berperang di bulan Ramadhan. Sudah tahu bukan, kalau perang Badar dimana pasukan muslimin menang melawan kafir Quraisy meskipun  jumlah pasukan muslimin kalah jauh dibandingkan pasukan kafir.

Oleh karena itu, rasa-rasanya sangat disayangkan sekali jika di Bulan Ramadhan kegiatan anak hanya diisi dengan main game atau tidur-tiduran. Akan lebih produktif jika membuat karya tertentu yang bermanfaat tidak hanya untuk fisik anak namun juga kognitifnya.

Berikut ini adalah 5 Proyek Kreatif yang bisa dilakukan oleh orang tua atau guru bersama anak di rumah dan sekolah.

1. Hiasan Dinding Ramadhan


Hiasan dinding ini sangat mudah dibuat. Kita hanya membutuhkan kertas HVS, Spidol, Glitter, Tali, atau kabel dan lampu jika dibutuhkan. Guntinglah kertas HVS sesuai dengan bentuk yang dikehendaki, kemudian tulislah huruf-huruf sesuai dengan tema Ramadhan di rumah atau di sekolah. Usahakan tema Ramadhan adalah apa yang ingin dicapai selama Ramadhan. Misalnya tema KuCinta Ramadhan dengan tujuan agar semakin mencintai bulan penuh berkah ini.

Tambahkan glitter untuk mempercantik. Rangkailah huruf-huruf tadi pada tali atau kabel. Pasangkan lampu di antara setiap huruf. Gantungkan di dinding kelas atau ruang keluarga.

2. Kreasi Masjid dari Paper Bag


 Punya paper-bag bekas? Manfaatkan sebagai bahan kreasi anak. Kreasi masjid dari bahan paper-bag ini sangat mudah dibuat. Bahan tambahan lainnya hanya lem dan aneka kertas asturo (atau bisa diganti dengan kertas origami).

Guntinglah kertas asturo menjadi bentuk kubah, menara, pintu, bintang, dan bulan. Tempelkan hasil guntingan tadi ke paper-bag. Tempatkan dipojok kelas atau ruang tamu sebagai hiasan. Untuk mempercantik, kita bisa menempelkan bentuk bulan dan bintang di dinding.

Kreasi paper-bag ini juga bisa dimanfaatkan sebagai kantong infaq untuk melatih anak menyisihkan uang jajannya di bulan puasa agar di akhir puasa nanti bisa diberikan kepada yang berhak.

3. Kreasi Masjid Sedotan


Kreasi masjid tidak hanya bisa dibuat dengan bahan dasar paper-bag. Sedotan warna-warni juga bisa dibuatkan menjadi masjid. Kita hanya membutuhkan kertas kado atau kertas origami, kertas HVS sebagai dasar, dan krayon. Mulailah berkreasi semenarik mungkin. Tak hanya masjid, bangunan-bangunan lain pun bisa dibuat dengan menyusun sedotan warna-warni ini.

4. Mosaik Ka'bah


Mozaik sangat membantu anak terutama dalam membangun kecerdasan kinestetik, logic-mathematic, dan visual-spacial. Kegiatan melatih motorik halus ini hanya membutuhkan potongan-potongan kertas buffalo yang kemudian dirangkai menjadi bentuk Ka'bah atau masjid.

5. Kartu Lebaran Pop-Up


Ramadhan tentu akan berakhir dengan hari kemenangan, yakni hari raya Idul Fitri. Kebiasaan masyarakat Indonesia mengirim kartu lebaran memang semakin menghilang sejak era smartphone. Namun di Ramadhan ini, kita bisa mengenalkan kembali kepada anak dengan kartu lebaran. Bahan yang diperlukan hanya kertas karton atau kertas Buffalo, gambar yang bisa digunting, atau glitter. 

Semakin besar usia anak, guru atau orang tua dapat menyesuaikan tingkat kesulitan membuat kartu lebaran pop-up ini.

Demikian tadi 5 kegiatan kreatif selama bulan Ramadhan yang bisa dilakukan oleh orang tua atau guru bersama anak. Jadikan bulan Ramadhan sebagai bulan yang produktif karena setiap kebaikan yang kita lakukan di bulan ini bernilai ibadah yang berlipat ganda pahalanya.

Di kesempatan berikutnya kita akan membahas satu persatu bagaimana kegiatan di bulan Ramadhan tersebut bisa membangun kecerdasan anak yang majemuk.

12 comments :

  1. Waaah ini inspiratif sekali. Mau saya pakai ah idenya buat berkreasi bersama anak saya. Makasih postingannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mba Rien. Terima sih kunjungannya. Selamat berkreasi bersama si kecil

      Delete
  2. Bisa juga nih bwt seru2an sama bocah2. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dicoba sama Mas Zam-zam itu mozaiknya

      Delete
  3. Wah kreatif banget! Keren! Ide kartu Lebaran pop up bisa aku contoh untuk kasih ke teman-teman. Makasih sharing nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mami Gesi... sok. Ditunggu kiriman kartu lebarannya 😁

      Delete
  4. Wah kece..mau buat ah hari ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu... ditunggu share fotonya kalau udah jadi ya Mba 😄

      Delete
  5. Idenya menark buat anak-anak isi waktu luang dan ditemenin orangtuanya.

    www.deddyhuang.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kokoh bikin sendiri juga bisa 😁 dari pada upload makanan terus

      Delete
  6. Kreatif sekali idenya, pengin nyoba bikin juga aah. Makasih Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas.. terima kasih kunjungannya ke Blog baru ini

      Delete